Assalamualaikum - Selamat Datang di Blog It's All About Everything - Silahkan Menikmati

Sabtu, 16 Agustus 2014

Mengenal Lebih Dalam Pentingnya PPSMB


Mahasiswa Baru atau biasa disebut Maba adalah panggilan bagi mahasiswa yang baru memasuki masa perkuliahan di sebuah universitas. Seorang Maba pastinya butuh bimbingan untuk mengetahui bagaimana kehidupan di dunia perkuliahan. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah program yang bernama ospek. Menurut Wikipedia:
“Ospek merupakan kegiatan untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan kegiatan institusional yang menjadi tanggung jawab Universitas untuk mensosialisasikan kehidupan di Perguruan Tinggi dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan universitas, fakultas, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait.”
Nah tahu kan sekarang apa itu artinya ospek. Jadi harusnya ga ada istilah yang namanya plonco di dalam sebuah ospek. Tidak ada yang menyuruh untuk melakukan sesuatu yang aneh. Atau malah dipukul-pukul. Karena sejatinya itu bukan ospek yang mendidik. Karena ospek itu bertujuan untuk memperkenalkan dunia kampus juga menanamkan nilai-niai serta prinsip dan aturan kampus.
Salah satu ospek yang baik menurut saya adalah ospek universitas UGM. Atau bisa juga disebut dengan PPSMB (Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru). Kegiatan- kegiatan yang dimiliki PPSMB sangat mendidik untuk memperkenalkan dunia perkampusan kepada mahasiswanya. Juga menanamkan skill-skill yang dapat membantu para mahasiswa baru untuk menjadi lebih profesional.
Sebelum PPSMB, para mahasiswa baru diberi tugas yang lumayan banyak. Hal ini bertujuan untuk menggambarkan dunia perkuliahan yang penuh akan tugas-tugas. Dan dituntut ketepatan waktunya. Agar para mahasiswa bisa memanage waktu dengan benar. Dan bisa memprioritaskan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. 
Pantas saja jika PPSMB ditentukan sebagai syarat untuk bisa diwisuda sebagai lulusan salah satu universitas terbaik di Indonesia ini. Apabila para mahasiswa baru tidak lulus PPSMB ini, maka mereka diwajibkan untuk mengikutinya lagi tahun depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar